Monday, November 10, 2008

Rileks Sejenak

Mari tenangkan diri sejenak…

Pernahkah Anda merasakan lelah dan penat dalam menjalani hidup ini? Atau Anda merasa hidup begitu monoton dan terbelenggu dengan rutinitas sehari-hari. Kebosanan tingkat tinggi meracuni pikiran. Konsentrasi hilang, kerja pun tak pernah bisa fokus. Anda merasa seakan-akan menjalani hidup yang tidak jelas. Jika itu yang Anda rasakan, teruskan membaca.

Buatlah diri Anda senyaman mungkin …

Relax …

Lepaskan sejenak semua yang menjadi beban pikiran Anda …

Baca semua langkah-langkah singkat yang akan saya tuliskan berikut ini, lalu segera lakukan selama 5 – 15 menit. Anda bisa menggunakan alarm HP untuk mengingatkan batas waktu 15 menit Anda. Sekali lagi, setelah Anda baca langsung lakukan. Fokuslah dan konsentrasilah. Jangan biarkan lingkungan di sekeliling Anda membuyarkan fokus Anda…

Berikut langkah-langkahnya …

  1. Bayangkan Anda berada di sebuah tempat yang jauh dari keramaian. Tempat yang tenang dan enak untuk bersantai.

  1. Anda bisa memilih salah satu tempat yang saya referensikan di bawah ini atau Anda bisa memilih sendiri tempat yang Anda sukai.

  • Di sebuah gubuk kecil, di pinggir telaga yang sejuk dan segar. Dengan suara gemericik air yang merdu

  • Di teras sebuah villa (di dataran tinggi) yang di depannya terbentang pemandangan yang indah dengan udara yang sejuk. Dengan suara alam yang merdu

  • Di pinggir pantai di pagi hari. Dengan udara yang sejuk dan suara deburan ombak. Juga suara burung-burung camar yang terbang di atas laut biru yang indah

  1. Resapi dan hayati tempat Anda singgah untuk beristirahat sejenak dari kesibukan dunia yang Anda geluti.

  1. Nikmati semua yang ada disana. Suara yang merdu, udara yang sejuk, pemandangan yang indah, dll. Optimalkan semua panca indra Anda.

  1. Kalau perlu bayangkan Anda sedang berjalan menyusurinya atau memegang air telaga / air laut tersebut.

  1. Ucapkanlah ungkapan rasa syukur dan pujian atas kebesaran Tuhan yang sedang Anda nikmati saat ini. (Ucapkan Om Kara 108 kali)

  1. Panjatkan semua doa Anda pada saat itu. Mintalah pada Tuhan untuk memberikan petunjuk atas semua masalah yang sedang Anda hadapi…!

  1. Buka mata Anda perlahan dan sekali lagi ucapkan rasa syukur Anda.

Terapi ini bisa Anda lakukan kapan saja dan dimana saja Anda mau. Untuk menjaga konsentrasi, Anda bisa memejamkan mata dan menutup kedua telinga Anda untuk sementara (selama proses refreshing ini)

Selamat Mencoba.......

No comments: